Kamis, 26 Juli 2012

Prospek Bisnis Pembibitan Belut


Saat ini budidaya belut di Indonesia sedang menjadi tren yang tidak bisa dipandang sebelah mata.  Belut merupakan penyulai protein terbesar dalam sub sektor perikanan. rasanya yang gurih ditunjang kandungan gizi yang tinggi membuat komoditas ini kian laris manis.
Dilihat dari permintaan pasar, kebutuhan belut memang beum terpenuhi sehingga prospek budidaya bibit belut bisa jadi alternatif usaha untuk anda.


Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membibit belut :

  1. Persiapan kolam : Kolam yang ideal harus jauh dari kebisingan,tidak ada gangguan hama,tidak terdapat penerangan lampu terutama pada malam hari. karena   belut menyukai kondisi gelap dan tenang.
  2. Syarat Lokasi dan kondisi sekitar : idealnya lokasi pembibitan berada di ketinggian 250 - 700 m diatas permukaan laut. dan yang paling ideal sekitar 400 m dpl. Hal ini desebabkan pertumbuhan belut pada suhu dingin menjadi lebih lambat dibanding belut yang dibudidayakan pada suhu yang agak panas.
  3. Luas lahan yang dibutuhkan :  kolam yang ideal untuk pembibitan memiliki luas 3 x 3 m,dengan kedalaman 1 m dengan padat indukan tersebar sebanyak 9 kg.
  4. Kondisi tanah : bukan berupa tanah labil untuk menghindari pergeseran atau perubahan kontur tanah.
  5. Air bersih : Pastikan lokasi budidaya berada di daerah yang tidak kesulitan air bersih terutama ketika  musim kemarau tiba.Pasokan air bersih penting untuk sirkulasi air dalam kolam . Ph yang bagus yaitu 6-7 yakni tidak asam dan tidak juga basa.
Ciri Indukan berkualitas :
  • Ukurannya seragam
  • Gerakan tubuh agresif dan gesit
  • Sehat, tunuh mulus dan utuh.tidak terluka atau ada bekas luka
  • Tubuh keras dan tidak lemas saat dipegang
  • Bentuk tubuh ideal dan normal
Membedakan Belut Betina dan jantan
  1. Indukan betina : Bagian bawah perutnya membuncit dan transparan. bagian dalamnya terlihat jajaran telur berwarna kekuningan. Areal dekat dubur memerah dan membengkak. Satu indukan berisi 150 butir telur. perbandingan betina dan jantan dalam kolam pemijahan adalah 2 : 1
  2. Indukan jantan :  bagian bawah perut  belut pejantan rata dan bagian dalamnya tidak terdapat jajaran telur serta kelaminnya tidak memerah dan membengkak.  Ukuran panjang dan diameter tubuh induk betina dan jantan usahakan tidak terlalu jauh berbeda .
Itulah beberapa gambaran cara budidaya bibit belut yang bisa saya sampaikan . Berhubung masih banyak lagi materinya maka yang berminat bisa kirim email ke dyandrasmith@gmail.com untuk mengetahui detail lebih lengkapnya. Gratis !!
Selamat berwirausaha
Salam sukses


Rhenia Indra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar