Minggu, 08 Juli 2012

Melirik Jasa bisnis Makloon

Makloon berasal dari kata bahasa belanda yang artinya sama dengan Cut Make Trim yaitu jasa pembuatan produk baik secara penuh atau satu bidang kerja saja. Misal pada produk fashion, ada pihak makloon yang mengerjakan dari cutting bahan sampai finishing. Tapi ada juga yang hanya menerima satu jenis pekerjaan saja seperti : memasang payet,bordir, jahit atau membuat kerah saja.
Di indonesia makloon banyak diterapkan di industri non pangan tapi saat ini industri pangan juga mulai ada jasa makloon, misal jasa pembuatan teh celup.
Untuk menjaga keamanan ,cara kerjasama yang paling baik antara pihak makloon dan pengguna jasanya adalah terlebih dulu produsen  meminta data kelengkapan makloon(fotocopy KTP,asal tukang jahit,bidang pekerjaan yang dilakukan , alamat plus no kontak). setelah itu produsen bisa meninjau ke lokasi jasa makloon yang dinginkan dan membuat surat kontrak perjanjian kerja.
Kriteria makloon berkualitas :
Terjadinya barang cacat hanya sebanyak 0,5%.
Proyeksi keuntungan :
20 - 30 %
Untuk belajar lebih banyak tentang usaha makloon  ini ada baiknya anda belajar langsung di  beberapa sentra makloon yang telah ada saat ini seperti :

  1. Makloon seprai di Cipadu tangerang
  2. Makloon Payet Jilbab dan baju muslim di Parung Poncol Depok
  3. Makloon Jahit di Cikaret -Cibinong Jawa barat
  4. Makloon Celana Jeans di Sukabumi selatan- Kebon Jeruk- Jakarta Barat
  5. Makloon Digital Printing di Kalibaru Senen Jakarta Pusat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar